Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Laptop | Hatepee.com



Pernahkan teman-teman kehilangan data penting, seperti skripsi, data – data perusahaan, foto – foto kenangan? Tentunya setiap orang tidak mau mengalaminya. Apalagi jika data tersebut akan dipakai, pasti teman-teman panik luar biasa. Mungkin secara sengaja atau tidak teman – teman menghapus dokumen dari komputer/laptop secara permanen padahal anda masih sangat membutuhkan data tersebut untuk digunakan kembali.

Kali ini saya ingin sharing cara untuk mengembalikan data yang hilang/terhapus secara permanen dari laptop, flashdisk, kartu memory dan media penyimpanan lainnya.

Tetapi jangan khawatir, ada cara untuk mengembalikan/restore data yang terhapus secara permanen, teman – teman cukup ikuti langkah-langkah berikut untuk mengembalikan data yang terhapus dari laptop atau komputer.

1.     Restore Dari Recycle Bin

Langkah pertama yang perlu di lakukan adalah buka recycle bin dan cari data yang hilang. Jika ada data yang tidak sengaja terhapus bisa jadi data tersebut masih berada di recycle bin. Tinggal cari file yang akan di restore di recycle bin, jika sudah ketemu klik kanan dan restore.

2.     Undo Delete

Cara ini hanya bisa di jalankan jika kita sadar bahwa kita tidak sengaja menghapus file. Tidak perlu cari di recycle bin, tapi tinggal tekan Ctrl+Z atau undo delete. Tujuannya untuk mengembalikan file tanpa harus susah – susah cari datanya di recycle bin.

3.     Menggunakan Software

Ada banyak software yang menawarkan untuk bisa mengembalikan data yang hilang secara permanen. Namun pengalaman pribadi admin yang pernah mengalami kehilangan data karena tidak sengaja terformat pada saat install ulang, admin merekomendasikan untuk memakai software ini. iCare Data Recovery merupakan sebuah software yang dapat mengembalikan data yang hilang atau terformat baik sengaja mampu tidak. Data yang mampu di recovery berupa: foto, dokumen, mp3 dan file zip. Selain mampu mengembalikan data yang terhapus,  software ini juga mampu mengembalikan data yang rusak atau kesalahan sistem seperti bad sector pada hardisk, bad MBR, bad MFT dan lain-lain.


Fitur yang ada dalam software ini antara lain:

a.       Delete File Recovery

Menu untuk mengembalikan data yang terhapus di recycle bin baik yang tertinggal di drive C maupun local disk lainnya

b.      Deep Scan Recovery

Menu ini yang paling direkomendasikan untuk bisa mengembalikan semua data yang terhapus, baik di laptop, flashdisk, kartu memori. Walaupun membutuhkan waktu yang lama dalam proses scan tetapi hasilnya cukup bagus. Dan bisa mengembalikan hampir semua data yang hilang.

c.       Lost Partition Recovery

Menu ini bukan hanya mampu mengembalikan data yang telah terformat atau terhapus tetapi juga bisa memperbaiki bad sector yang ada di hardisk.

Perlu diketahui jika software ini juga memiliki kelemahan yaitu tidak semua data bisa kembali dengan sempurna. Karena bisa terjadi ada kerusakan data terlebih jika data yang terhapus sudah terlalu lama. Maka disarankan sesegera mungkin menjalankan software ini setelah data hilang agar kemungkinan data bisa kembali 100%.

Demikian beberapa cara mudah mengembalikan data yang terhapus secara permanen di komputer, semoga dapat membantu dan yang terpenting  jangan panik, tetap tenang agar bisa berpikir jernih. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel