OPPO Resmi Rilis ColorOS 7, Ini Segudang Fitur Baru Yang Ditawarkan


Pengguna OPPO patut berbahagia karena setelah beberapa minggu belakangan ini telah begitu santer terdengar mengenai ColorOS 7, UI besutan OPPO ini akhirnya resmi diperkenalkan. Antarmuka ini diciptakan berdasarkan konsep tanpa batas dari ColorOS 6 yang telah ada sebelumnya, akan tetapi UI ini membuatnya jauh Iebih ringan dan mengubah warna keseluruhannya. 

OPPO disini juga menegaskan bahwa ColorOS 7 bukan sekadar UI saja yang diubah. Jadi bagi kalian yang sudah mengenal  ColorOS 6 sebelumnya, kalian mulai harus terbiasa dengan perubahan UI secara keseluruhan. OPPO juga telah mengubah warna user interface untuk lembih memanjakan mata para penggunanya. 

Lebih jauh, OPPO juga telah mengumumkan bahwa UI yang sekarang lebih menurunkan saturasi untuk mengurangi kelelahan mata. Menurut OPPO pengguna rata-rata menghabiskan sekitar 4,7 jam di depan layar smartphone. Oleh sebab itu, penting bagi OPPO untuk membuat resolusi menjadi lebih soft supaya pengguna tetap betah berlama-lama memandang layar smartphone.

OPPO juga membawa empat desain kor yang berbeda, termasuk didalamnya ada beberapa opsi minimalis lainnya. OPPO juga menyodorkan font baru yakni OPPO Sans ke dalam ColorOS 7, selain itu ada juga Font Cina yang dikembangkan Zhu Zhiwei dari Hanyi Fonts, serta karakter barat dikembangkan oleh pentagram, sebuah perusahaan desain asal AS. 

Hal yang sangat  menarik dan juga mengejutkan, font OPPO Sans tersebut telah dirilis secara gratis supanya dapat digunakan oleh semua orang, bahkan untuk penggunaan komersial. Tidak sampai disitu, ColorOS 7 juga menghadirkan Dark Mode untuk seluruh sistem termasuk mencakup apikasi pihak ketiga. 

Terkait dengan hal tersebut, pengguna dapat menjadwalkan Dark Mode untuk diterapkan pada waktu tertentu dalam sehari. Mode gelap sengaja dihadirkan oleh OPPO ke dalam ColorOS 7 ini untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan mata pengguna. 

Fitur lainn yang juga baru ditawaarkan oleh ColorOS 7 adalah mode Focus yang mirip dengan mode Zen dalam OxygenOS. ColorOS 7 juga bisa secara otomats dapat beralih ke mode berkendara jika terhubung ke Bluetooth yang ada di kendaraan dan dapat mengirim pengingat mode tidur di malam hari.

Kepintaran lainnya antara lain dapat mengaktifkan DND dan Dark Mode pada perangkatada juga fitur setengah layar yang memungkinkan UI menampilkan kotak kecil seperti kontak, kalender, dan alarm di bagian bawah layar. Memang hal ini berbeda dari split screen display yang ditemukan di versi sebelumnya. Split-screen yang ada di ColorOS 7 juga dilengkapi dengan tombol Flashback khusus yang akan berguna ketika kalian ingin Iebih cepat beralih di antara dua aplikasi. 

Ada juga fitur pengelola kata sandi baru yang diberdayakan oleh Google. OPPO juga tidak melupakan update software untuk fitur kamera yang ada di ColorOS 7 yang menjadi andalannya.  OPPO mengklaim bahwa mereka telah men-tweak UI untuk kamera. Selain itu, OPPO juga menyisipkan fitur mode portrait 2.0, Night Mode, Super Stabilitation dan editor video SoLoop. 

ColorOS 7 juga telah mendukung fitur Screenshit panjang hanya dengan menggunakan tiga jari. Fitur baru lain yang tidak kalah penting adalah dukungan tambahan untuk protokol transfer file lintas-merek. Ini sangat membantu jika kita sering berbagi file dengan teman yang ponselnya buka panrikan OPPO. Beberapa bulan lalu memang ada pemberitaan bahwa OPPO, Xiaomi, vivo dan beberapa brand lainnya berkumpul bersama untuk membuat aliansi transfer file lintas-merek. 

Dari sisi peningkatan kinerja, OPPO mengklaim bahwa  ColorOS 7 sudah mengalami peningkatan kecepatan dan kelancaran startup aplikasi. Dikatakan bahwa kecepatan startup aplikasi telah meningkat sebesar 25% dan kelancaran sistem serta pemanfaatan RAM telah meningkat masing-masing 30% dan 40%. Bahkan, kinerja game dilaporkan turut meningkat, dengan respon sentuh dan kecepatan frame rate game meningkat masing-masing sebesar 15% dan 19% di ColorOS 7 ini. Angka-angka tersebut kemungkinan besar tentunya dibandingkan oleh OPPO dengan ColorOS 6. 

OPPO juga mengatakan bahwa ada lebih dari 300 juta pengguna ColorOS di seluruh dunia. Selain itu, antarmuka ini juga telah diterjemahkan di lebih dari 40 negara dan di lebih dari 80 bahasa di seluruh dunia. Dikatakan, untuk pertama kalinya ColorOS 7 akan tersedia pada model OPPO Reno3 yang akan diluncurkan Desember 2019.
Sumber: Droidlime

0 Response to "OPPO Resmi Rilis ColorOS 7, Ini Segudang Fitur Baru Yang Ditawarkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel